5 Destinasi Wisata di Banyuwangi yang Wajib Anda Kunjungi

Di ujung timur Pulau Jawa terdapat sebuah daerah yang terkenal dengan panorama alam yang luar biasa. Daerah itu dikenal dengan Banyuwangi. Oleh karena berada di ujung, maka wisata Banyuwangi lebih didominasi oleh pantai. Tentu saja yang paling terkenal adalah ombak di salah satu pantai yang mempesona.

Ombak tersebut boleh dibilang sebagai ombak terbaik di Indonesia. Tidak heran jika banyak peselancar baik dalam maupun luar negeri memanfaatkannya sebagai sarana latihan. Selain itu, keelokan pantai juga menjadi pesona tersendiri untuk wisata Banyuwangi.

Jika Anda berencana ingin pergi ke Banyuwangi, sempatkanlah untuk mengunjungi pantainya. Namun demikian, jika tidak ingin ke pantai, Anda bisa berkunjung wisata Banyuwangi lainnya. Berikut ini daftarnya.

1. Pantai Pulau Merah

 

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa wisata Banyuwangi yang mempesona adalah pantai. Salah satu pantai yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Pulau Merah. Pasirnya halus dan yang tidak kalah penting adalah ombak yang luar biasa. Tidak heran apabila banyak peselancar baik dalam maupun luar negeri berkunjung ke Pantai Pulau Merah.

Kata merah memang mengundang daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sebab, memang tanah di pulau tersebut berwarna merah. Jika Anda beruntung, Anda tidak perlu berenang untuk menyusuri Pulau Merah. Melainkan cukup berjalan dari pantai ke pulau tersebut. Namun, dengan catatan air laut pun sedang surut.

2. Kawah Ijen

 

Satu hal yang tidak bisa Anda lewatkan saat mengunjungi tempat wisata di Banyuwangi adalah Kawah Ijen. Anda bisa melihat kawah berwarna hijau dan merasakan sensasi bau belerang di sana. Oh, iya, jangan lupa Anda perlu menyiapkan stamina. Untuk mencapai Kawah Ijen, Anda bisa berjalan selama satu jam.

Selain itu, Anda bisa melihat fenomena alam terbaik di Indonesia yaitu Api Biru. Api ini dihasilkan dari gas sulfur yang hadir dari Gunung Api Ijen. Sebagai Warga Negara Indonesia, Anda harus bangga karena api biru ini adalah yang terbesar di dunia. Sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan ketika berhasil mendaki ke Kawah Ijen.

3. Taman Nasional Baluran

 

Jika Anda enggan menikmati suasana alam berupa pantai, Anda bisa mencoba petualangan di Taman Nasional Baluran. Anda akan langsung terpesona ketika berhasil menjejakkan kaki di Taman Nasional Baluran. Pemandangan yang menakjubkan seperti savana di Afrika. Anda seperti berpetualang layaknya siaran National Geographic.

Di sana, Anda akan menjumpai satwa liar seperti banteng dan rusa. Namun, yang tidak kalah menarik adalah Anda bisa berswafoto di lokasi Savana Bekol. Tidak jarang banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk membuat video klip atau foto pre wedding. Pengalaman yang menarik dan tidak akan terlupakan seumur hidup.

4. Teluk Hijau

 

Ini area yang terletak di Taman Nasional Meru Betiri. Teluk ini berwarna hijau karena airnya yang sangat jernih. Jika Anda memiliki kamera ponsel yang apik, kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang Teluk Hijau wajib dilakukan. Selain itu, pasirnya berwarna putih dan cenderung lembut ketika dipegang.

Oleh karena masih asri, Anda jangan kaget jika bertemu satwa liar di Teluk Hijau. Satwa liar yang bisa Anda jumpai seperti monyet. Maka, selalu waspada dengan barang yang Anda bawa, ya. Untuk mencapai ke sana, dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari pusat kota Banyuwangi. Sempatkan berkunjung ke sana jika sudah tiba di Banyuwangi, ya.

5. Taman Nasional Alas Purwo

 

Satu hal yang tidak bisa Anda lewatkan jika berkunjung ke Banyuwangi adalah Taman Nasional Alas Purwo. Letaknya berada di selatan Banyuwangi. Keunikan yang dihadirkan dari taman nasional ini adalah Anda bisa melihat satwa liar. Seperti banteng, rusa, hingga lutung.

Selain melihat satwa liar, Anda juga bisa menikmati pemandangan dari hutan bakau dan hutan gugur tropis. Tidak lupa juga Anda bisa menikmati Pantai Plengkung jika sudah sampai di ujung. Suguhan yang sempurna ketika berhasil mengelilingi Taman Nasional Alas Purwo.

Lima destinasi wisata Banyuwangi ini adalah daftar rekomendasi untuk Anda. Banyuwangi masih memiliki daerah wisata lain, namun rekomendasi ini adalah yang terbaik dan bisa Anda kunjungi. Selalu terapkan protokol kesehatan selagi Anda berwisata di Banyuwangi. Jika Anda membutuhkan rekomendasi wisata lain di luar Banyuwangi, kunjungi Indonesia Travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *