MC20 Maserati: Mesin bertenaga di supercar baru

Nama Maserati cenderung memunculkan citra coupe Italia yang rendah, tetapi pada kenyataannya merek bertingkat tersebut belum menawarkan mobil sport yang layak sejak MC12 produksi terbatas memulai debutnya pada tahun 2004. Perusahaan memulai debutnya sebagai pembuat mobil di 1926 dengan mobil balap Tipo 26 dan segera menjadi pesaing tangguh di motorsport, tetapi dekade yang pasti penuh gejolak, dan perusahaan berpindah tangan beberapa kali sebelum Fiat mengambil alih kepemilikan pada tahun 1993 dan kemudian menyerahkan kendali kepada Fiat -Merek Ferrari milik sendiri.

Maserati seolah-olah akan menjadi divisi mewah Ferrari ketika mengambil kepemilikan penuh perusahaan pada tahun 1999, dan tahun-tahun sejak Ferrari memberikan versi yang lebih konvensional dari pembangkit listrik berliku tinggi ke Maserati untuk digunakan dalam kendaraan seperti sedan Ghibli dan utilitas sport Levante. . Namun di bawah bendera Fiat-Chrysler yang lebih besar, model Maserati juga mewarisi banyak perangkat keras buatan tangan dari tempat lain dalam portofolio grup, dan upaya pengembangan serba glasial telah menambah perjuangan merek baru-baru ini untuk menegakkan reputasinya yang bersemangat.

Pengenalan MC20 menandai babak baru bagi Maserati, yang sekarang menjadi bagian dari Stellantis. Sebuah desain clean-sheet sejati, dua tempat duduk ini didukung oleh sasis monocoque serat karbon baru yang dikembangkan di rumah dan dibangun di Modena, Italia. Pengaturan suspensi bergaya double wishbone di bagian depan dan belakang mobil terhubung dengan sasis melalui subframe aluminium, dan bodywork serat karbon yang ramping dan aerodinamis datang sebagai hasil dari lebih dari dua ribu jam pengujian di Dallara Wind Tunnel , bersama dengan simulasi dinamika fluida komputasi yang ekstensif.

Mesin 'Nettuno' baru yang unik memberi daya pada Maserati $212.000 ini
MC20. maserati

Mesin Nettuno

Powertrain adalah tempat hal-hal mulai menjadi sangat menarik. Motivasi datang dari mesin V6 3.0 liter twin-turbocharged “Nettuno” Maserati, pembangkit listrik serba baru yang juga dikembangkan sendiri di Maserati. Pembangkit listrik baru ini menawarkan teknologi pembakaran kembar sesuai permintaan yang diturunkan dari Formula 1, yang menempatkan ruang bakar di antara busi pusat dan ruang bakar konvensional untuk menghasilkan pembakaran yang lebih presisi, yang pada gilirannya meningkatkan efisiensi mesin serta kinerjanya. .

[Related: Maserati’s new luxury SUV transforms from hot rod to off-roading beast]

Hasilnya adalah salah satu mesin paling padat daya di industri otomotif saat ini, dan angka output puncak 621 tenaga kuda dan torsi 538 pon-kaki memberikan coupe seberat 3.330 pon ini rasio power-to-weight terbaik di kelasnya di antara yang lainnya. saingan yang berasal dari merek seperti Lamborghini, Porsche, dan McLaren. Itu pertanda baik untuk saat ini, tetapi Maserati juga dengan bijak mengambil pandangan panjang ketika mengembangkan platform MC20, yang sejak awal dirancang untuk mendukung varian all-electric. EV akan diluncurkan di jalanan dalam waktu beberapa tahun.

di dalam supercar Maserati
Di dalam MC20. maserati

Di belakang kemudi

Menetap di pucuk pimpinan, segera jelas bahwa MC20 menargetkan mereka yang mencari mobil sport grand-touring cepat seperti 911 Turbo S daripada mainan trek yang dilucuti. Tidak ada lagi switchgear interior Maserati model masa lalu yang sering kali dapat melacak asal-usulnya kembali ke kendaraan seperti Dodge Durango. Sebagai gantinya, MC20 menawarkan kokpit yang sepenuhnya dipesan lebih dahulu yang dilapisi serat karbon, alcantara, dan baja yang disikat.

Sebuah cluster pengukur digital 10,25 inci beresolusi tinggi menyediakan data real-time dan informasi kinerja yang diperlukan, sementara layar sentuh 10,25 inci dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel menangani tugas infotainment dengan grafis yang tajam dan respons yang tajam. Di sepanjang terowongan tengah terdapat kontrol untuk mode berkendara (Wet, GT, Sport, dan Corsa), serta kekakuan suspensi, mode gearbox, kunci jendela dan pintu, dan kontrol fisik untuk sistem audio. Sementara itu, roda kemudi bagian bawah datar menampung tombol kontrol pengapian dan peluncuran serta kontrol jelajah dan penyesuaian media. Tata letaknya rapi, dirancang secara intuitif, dan mewah. Dan tidak seperti kebanyakan mobil sport mid-engine, MC20 ternyata sangat mudah untuk masuk dan keluar—berkat kusen samping monocoque yang relatif ramping, pintu kupu-kupu, dan ruang kepala yang luas untuk itu.

[Related: Anyone can drive a supercar, but truly tapping its potential is another matter]

Mesin menjadi hidup dengan geraman hidup yang dengan cepat mundur ke latar belakang. Maserati telah melakukan pekerjaan yang baik untuk membuat V6 baru ini terdengar sangat eksotis tetapi, seperti banyak mesin saat ini, kepribadiannya ditutupi oleh efek peredam yang melekat pada turbochargernya. Beralih dari mode GT ke mode Sport atau Corsa akan membuka katup buang untuk drama yang lebih aural, tetapi masih agak terlalu sunyi untuk selera kita. Bahkan saat mendidih, kebisingan jalan dan angin akan sering mengalahkan soundtrack mesin, yang dapat mempersulit pengaturan waktu upshift saat mengatur roda gigi secara manual dengan dayung.

Untungnya transmisi dual-clutch diprogram dengan cukup baik untuk dibiarkan sendiri di sebagian besar situasi. Dibiarkan dalam mode GT, ia bekerja di latar belakang untuk menghasilkan perpindahan gigi yang nyaris mulus dalam situasi mengemudi normal. Ini juga menempatkan peredam suspensi dalam pengaturan yang paling sesuai, yang merupakan mobil sport tetapi masih dapat digunakan untuk penggunaan biasa bahkan di jalan-jalan Los Angeles yang bopeng.

Mesin 'Nettuno' baru yang unik memberi daya pada Maserati $212.000 ini
Maserati MC20. Bradley Iger

Kaca spion digital

Kegunaan sehari-hari MC20 juga secara signifikan didukung oleh kaca spion digitalnya, yang menampilkan umpan real-time dari kamera yang dipasang di dek belakang mobil. Kaca spion tradisional pada mobil bermesin tengah biasanya menawarkan kilasan sinar matahari dari kaca belakang dan tidak banyak lainnya, tetapi pandangan tanpa beban dari kaca spion digital tentang dunia luar di belakang Anda membuatnya mudah untuk memeriksa titik buta Anda saat berebut posisi di Sistem jalan bebas hambatan LA yang kejam. Selain itu, MC20 bahkan memiliki dua kompartemen penyimpanan—satu di bagian depan mobil, dan satu lagi, ruang yang lebih besar tepat di belakang ruang mesin di bagian belakang. Ini hampir praktis!

Tentu saja tidak mengherankan bahwa MC20 benar-benar bersinar di aspal berkelok-kelok yang menutupi Hutan Nasional Angeles sekitar satu jam di timur laut pusat kota. Keseimbangan yang mantap, daya henti yang menginspirasi kepercayaan diri, dan akselerasi yang sangat cepat semuanya ada di menu, seperti respons yang tepat dari rak kemudi rasio cepat. Ban musim panas Bridgestone Potenza Sport yang dikembangkan secara khusus menawarkan banyak cengkeraman untuk ledakan jalan belakang tanpa kompromi dalam kebisingan dan kekerasan yang sering menyertai karet yang berfokus pada trek, tetapi kami berharap untuk melihat yang terakhir pada iterasi yang lebih hardcore dari MC20 yang kemungkinan akan turun.

Jalan yang cepat dan berkelok-kelok ini memberi kami kesempatan untuk mencicipi mode Sport dan Corsa MC20. Penyetelan model pertama sangat ideal untuk pekerjaan tersebut (sesuai namanya, Corsa paling cocok untuk kecepatan putaran panas di jalur tertutup), tetapi kami sangat berharap MC20 juga menawarkan mode mengemudi khusus yang memungkinkan calon pemilik untuk mencampur dan mencocokkan berbagai parameter kendaraan yang dapat disesuaikan dengan preferensi mereka. Terlepas dari itu, MC20 adalah mitra dansa yang mendebarkan di perbukitan dan mesin sipil yang mengejutkan di sekitar kota. Tetapi sekali lagi, harga awal $212.000 ($256.050 sebagaimana telah diuji) cenderung menetapkan ekspektasi yang tinggi.

Untungnya, Maserati juga memiliki rencana yang melampaui supercar seharga seperempat juta dolar seperti MC20. Utilitas olahraga Grecale yang baru-baru ini diumumkan, misalnya, ditujukan untuk pembeli Porsche Macan. Crossover ini akan mengemas banyak teknologi yang dipamerkan di MC20 (termasuk Nettuno V6 di level trim yang lebih tinggi), dan kemungkinan juga akan memainkan peran mendasar dalam transisi merek ke powertrain listrik.

Sementara itu, pembeli mobil sport kaya yang ingin menikmati momen sambil menghindari tersangka biasanya sebaiknya menyimpan MC20 dalam daftar pendek mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *