F-150 Lightning listrik Ford sekarang diluncurkan

Ford secara resmi meluncurkan truk pikap listrik F-150 Lightning hari ini, kira-kira 11 bulan setelah kami melihat sekilas seperti apa mobil bertenaga baterai itu nantinya. “Truk mulai beroperasi hari ini,” kata CEO Ford, Jim Farley, di akhir acara. “Kami akan mulai mengirimkan Lightnings dalam beberapa hari mendatang, dimulai dengan seri Pro kami.”

Ketika truk EV pertama dikirim, Ford juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan memulai “produksi penuh” dari pickup listrik.

Inilah yang perlu diketahui tentang truk dan rencana EV perusahaan, berdasarkan angka.

150.000

Ford mengatakan bahwa mereka ingin memproduksi 150.000 pickup listrik baru ini setiap tahun. Farley mencatat bahwa mereka harus menambah ukuran pabrik, yang disebut Pusat Kendaraan Listrik Rouge, di Michigan, dua kali. “Kami berusaha keras untuk membuat lebih banyak dari ini,” katanya. “Permintaan akan Petir benar-benar mendorong dinding gedung ini di mana kita berada dua kali.”

Awalnya, perusahaan telah merencanakan untuk membuat lebih sedikit dari wahana baru ini setiap tahun, tetapi mengatakan pada bulan Januari bahwa itu akan meningkatkan jumlah itu menjadi 150.000, “menggandakan” target produksi mereka.

600.000

Semua mengatakan, Farley mengatakan bahwa pada akhir tahun 2023, Ford akan membuat 600.000 kendaraan listrik setiap tahun. Ford juga membuat kendaraan listrik Mustang Mach-E dan van E-Transit.

4 outlet listrik

Itulah jumlah outlet listrik di frunk kendaraan, atau bagasi depan, yang secara resmi disebut “mega power frunk.” (Beginilah cara kotak kardus dimasukkan ke dalam bagian desain kendaraan itu.) Juga akan ada lima outlet di bak truk, dan dua di kabin. Sedangkan untuk frunk, ia juga dapat membawa 400 pon barang, entah itu dalam bentuk beberapa bahan makanan yang sangat berat, seikat batu bata, atau apa pun yang ingin Anda jinjing.

20.000 lembar kayu lapis

Itulah jumlah potongan kayu lapis yang Farley sesumbar bisa Anda potong dengan gergaji bundar yang dicolokkan ke kendaraan. Sementara rata-rata orang Anda mungkin tidak akan memotong banyak potongan kayu lapis dengan gergaji yang terhubung ke truk mereka, intinya adalah bahwa kendaraan 10-kW juga merupakan “pembangkit listrik, tetapi di atas roda,” kata Farley.

Sekitar 4 detik

Itu perkiraan waktu akselerasi 0 hingga 60 pickup. Sebagai perbandingan, “Versi Performa” crossover listrik Ford, Mach-E GT, akan melakukan hal yang sama dalam 3,5 detik, Hummer listrik baru GMC akan melakukannya dalam 3 detik, Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae akan melakukannya. melakukannya dalam 2,8 detik, dan Tesla Model S Plaid dalam waktu sekitar 2 detik. Tip keamanan: Anda tidak boleh berakselerasi secepat itu kecuali Anda berada di trek, dan selain itu, ada aspek kendaraan yang lebih penting daripada waktu akselerasinya.

230 – 320 mil

Angka yang lebih praktis untuk dipertimbangkan oleh pemilik EV adalah jangkauannya, dan ini adalah kisaran jangkauan Lightning, tergantung pada versi yang Anda beli. Harga untuk versi kendaraan yang paling murah datang di bawah $ 40.000. Namun, ada masalah: Mereka sulit didapat. “Karena permintaan yang tinggi, model tahun saat ini tidak lagi tersedia untuk pesanan eceran,” catat Ford dalam sebuah video.

[Related: Little green Corvette: Chevy’s classic car is going electric]

Ford bukan satu-satunya perusahaan yang membuat truk pikap berbahan bakar elektron baru yang patut dicatat. Lainnya dalam kategori ini termasuk GMC Hummer EV, 2024 Chevy Silverado EV, dan Rivian R1T.

Farley juga mengisyaratkan tentang kendaraan tambahan yang sedang dikerjakan, dengan mengatakan bahwa perusahaan tersebut “sudah mendorong tanah di Blue Oval City di Tennessee, untuk truk pickup listrik lain yang berbeda dari yang ini.” Selain F-150, Ford juga membuat pickup lain seperti Maverick dan Ranger.

Saksikan acaranya, di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *