Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Fresh Graduate Untuk Pengalaman

Saat memperkenalkan diri ketika menjalani interview ada beberapa poin yang perlu untuk dijelaskan pada pewawancara. Poin tersebut biasanya sudah dijelaskan di dalam CV dan lamaran yang disertakan. Akan tetapi untuk bisa mendapatkan keterangan yang lebih jelas, fresh graduate bisa mengulang informasi yang dibutuhkan ketika memperkenalkan diri tersebut. Cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate yang perlu disebutkan terdiri dari informasi dasar, pengalaman terkait, kemampuan dan kelebihan yang dipunyai, dan menyebutkan hobi dan minat.

Bagi fresh graduate biasanya akan bingung pada poin pengalaman yang dipunyai. Di mana biasanya pada pengalaman tersebut akan menyebutkan pengalaman pekerjaan yang dipunyai sebelumnya. Bagi yang sudah mempunyai pengalaman kerja tentunya mudah untuk menyebutkan pengalamannya seperti posisi tertentu di perusahaan. Saat menyebutkan posisinya dan juga pengalamannya kemudian akan mendapatkan pertanyaan lain mengenai pekerjaan tersebut dan juga pengalaman di tempat tersebut. Di mana hal tersebut tidak akan relate dengan fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman kerja sebelumnya. Untuk membantu menjelaskan diri mengenai pengalaman ini, bagi fresh graduate bisa untuk menjelaskan mengenai pengalaman berikut ini untuk alternatif dari pengalaman kerja yang dipunyai:

1. Pengalaman berorganisasi

Cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate yang pertama bisa dilakukan adalah dengan memberikan penjelasan mengenai pengalaman berorganisasi. Sehingga ketika tidak mempunyai pengalaman kerja, bagi fresh graduate bisa menyebutkan pengalaman mengikuti organisasi yang dipunyai. Pengalaman organisasi biasanya menjadi pengalaman yang berharga ketika masih mahasiswa sehingga bisa mengeksplor diri. Pengalaman berorganisasi tersebut juga bisa dijelaskan dan menjadi pertimbangan untuk mengukur kemampuan yang dipunyai oleh mahasiswa. Jelaskan pengalaman organisasi yang sesuai dengan posisi kerja yang Anda lamar sehingga menjadi pertimbangan untuk bisa mempertimbangkan Anda menempati posisi yang dilamar tersebut.

2. Pengalaman volunteering

Agar tidak perlu bingung untuk menjelaskan pengalaman kerja yang dipunyai padahal baru lulus kuliah, Anda juga bisa menjelaskan mengenai pengalaman volunteering yang pernah dilakukan. Ada banyak cara untuk mendapatkan pengalaman utamanya saat masih kuliah. Salah satunya adalah dengan pengalaman volunteering yang bisa diikuti sesuai dengan jurusan. Sehingga ketika masih kuliah bisa mencoba berbagai pengalaman termasuk juga mengikuti kegiatan volunteering yang akan membantu resume ketika melamar kerja kedepannya. Jelaskan secara singkat pengalaman yang dipunyai terutama ketika Anda mengikuti banyak kegiatan volunteering. Jelaskan volunteering yang sesuai posisi dan pekerjaan yang sedang dilamar tersebut.

3. Pengalaman mengikuti lomba

Pengalaman selanjutnya yang juga bisa dijelaskan adalah ketika pernah mengikuti lomba. Hal tersebut menjadi poin tambah yang bisa dilakukan sehingga bisa untuk membantu menjadi pertimbangan untuk diterima di tempat kerja. Terutama ketika tempat Anda melamar tersebut mementingkan kemampuan dan akademis seperti untuk melakukan riset dan juga berbagai hal lainnya. Jelaskan mengenai pengalaman lomba yang tentunya sesuai dengan posisi pekerjaan yang diinginkan sehingga bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan. Selain memberikan penjelasan, sertakan juga bukti seperti sertifikasi mengikuti lomba tersebut.

4. Pengalaman magang

Hal terakhir yang bisa untuk menjadi hal yang bisa menjadi pertimbangan agar nantinya bisa diterima kerja adalah ketika sudah mempunyai pengalaman magang. Biasanya Anda akan bisa diterima apabila pernah bekerja termasuk juga magang di perusahaan dengan posisi tertentu. Magang sendiri juga biasanya dilakukan oleh mahasiswa jurusan tertentu untuk mempraktekkan ilmu dan pengajaran yang didapatkan di bangku kuliahan. Magang tersebut dilakukan di perusahaan atau kantor yang sesuai dengan jurusan yang dipunyai, sehingga bisa membantu untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatkan. Selain itu magang tersebut juga bisa menjadi bayangan ketika ada di dunia kerja dan menambahkan pengalaman bagi mahasiswa.

Empat pengalaman di atas yaitu pengalaman magang, berorganisasi, volunteer, dan juga mengikuti lomba bisa disebutkan ketika bingung mengenai pengalaman yang dipunyai. Cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate tersebut juga perlu dijelaskan dengan sopan, jelas, dan menunjukkan bukti. Anda bisa mengikuti pelatihan yang mendapatkan sertifikat seperti di Prasmul-ELI, sehingga bisa menjadi poin tambahan untuk mendapatkan pengajaran sekaligus pengalaman yang bisa membantu untuk menjadi pertimbangan agar menjadi kandidat yang dipilih ketika melamar pekerjaan di perusahaan.

Tinggalkan komentar